Search This Blog

Friday, September 17, 2010

Obat batuk berdahak untuk anak 16 bulan

SHARING
Obat batuk berdahak untuk anak 16 bulan
Sumber: Ibu-ibu DI
Ibus, terima kasih atas sharingnya, berikut adalah inti dari summarynya;
1. Minum air putih hangat sesering mungkin
2. Pakai aroma theraphy
3. Di balurin transpulmin
4. Minum kapsul pegagan

Tanya

Ibus, sekarang ini anakku sedang batuk dan sepertinya ada dahaknya tapi batuknya itu tidak sering, hanya kasihan kecil2 batuk seperti itu, tidur-nya jadi agak terganggu. Saat ini baru aku kasih mucopect tapi aku lupa dosisnya, kira2 berapa tetes? Aku mau tahu biasanya ibus kasih obat apa untuk anaknya kalau lagi batuk seperti ini? Obatnya bebas di beli atau tidak ? Tolong masukannya ya bu. [DyL]

Jawab
Anak kecil kasihan kalau dikasih obat batuk, pakai aroma theraphy saja, lebih aman, aku suka dibalurin sama menthe jadi agak lega batuknya. [ItK]

Anakku (10 bulan) batuk sudah 12 hari, dan tidak aku kasih obat apa2. Untuk membantu supaya sedikit lega, aku banyak-banyak kasih air putih hangat. Dibawah ini aku kutipkan artikel dari hasil seminar oleh dr. Wati. [Ml]

COUGHS

Batuk adalah mekanisme tubuh yang membantu kita mengeluarkan segala sesuatu yang mengganggu saluran napas kita, misalnya, lendir/ "slym,m" benda asing yang tersedak (susu, kacang, air dll). Yang terpenting, mencari tahu apa pencetus batuk. Infeksikah atau bukan infeksi. Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.

Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sampai dgn 2  minggu bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada anak lain yang lebih besar atau yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi.

Tatalaksana - Upayakan untuk mengurangi produksi lendir:
* Minum banyak yang hangat misalnya lemon
* Jangan ada asap rokok
* Ruangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air panas biarkan beberapa lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air panas mendidih, atau pasang humidifier)

Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi
Ingat:
* kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik
* Jangan beri obat untuk menekan refleks batuk (Codein),
Pada dasarnya, tidak ada yang namanya obat batuk itu. Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya.

Batuk yang 'basah' atau berlendir atau ada dahaknya harus pakai obat batuk expectorant yang fungsinya mengencerkan lendir supaya gampang lepas dari kerongkongan dan dimuntahkan atau ditelan dan terbuang bareng faeces.

Untuk tahu dosisnya, baca saja di etiketnya, pasti ada. Yang aku ingat kalau bisolvon dosisnya 1 ml per kg bb anak, jadi kalau anak berat badannya 12 kg ya 12 ml alias 12 tetes. Cuma aku mau ingatkan saja, jangan sembarangan kasih obat sama anak, kalau batuknya parah mending bawa ke dsa, kalau batuknya ringan coba sama obat yang biasa digunakan. Lagi-lagi bukan mau jualan, tapi barangkali coba aromaterapi tidak ada salahnya, karena tidak ada side effect seperti obat2xan. Semoga anakmu cepat sembuh ya. [St]

Sekedar sharing walaupun tidak bisa kasih input, mungkin bisa berguna buat ibu yang lain. Tanpa sengaja aku baca buku mahkota dewa adiku yang dibeli di gramedia. Aku coba telpon2 pengarangnya (Ibu Ning), dari telpon tsb, aku coba beli beberapa produk mahkota dewa untuk aku (menyembuhkan sinus, saat ini tidak aku lanjutkan karena sedang hamil) dan untuk anakku kalau batuk dan untuk daya tahan tubuhnya. Kalau batuk anaku baru 1-2hari bisa sembuh dengan minum 'kapsul pegagan' produk mahkota dewa ibu Ning, biasanya aku keluarkan isi kapsulnya dan dibagi dua dan aku masukkan kedalam kapsul yang ukurannya lebih kecil, jadinya 1 kapsul tadi itu diminum 2 kali dalam sehari. Selain itu kalau suhu badan anakku sudah mulai terasa hangat suka aku cepat2 kasih jamu (made 3 dan madu mahkota dewa)alhamdulillah selama ini sangat membantu dan tidak berlanjut demam. Tapi kalau suhu badannya sudah hampir atau '=' 38 derajat, belum pernah aku coba, biasanya aku bawa ketukang pijat dulu dan habis itu dikasih panadol atau tempra, biasanya juga 'tidak pernah berlanjut demam. Alhamdulillah semenjak minum jamu2an dari mahkota dewa ini anaku jarang sekali dibawa ke dokter. Sebenarnya made3 ini bisa diberikan juga setiap hari buat anak yang susah makan kayak anakku dan juga buat daya tahan tubuhnya, tapi 'tidak aku kasih karena harus banyak minum air putih, takut kerja ginjalnya terlalu berat. [Ra]

Anaknya usianya berapa? Apa tidak lebih baik dikonsultasikan ke dsa-nya dulu? Apalagi untuk penentuan dosisnya, karena jenis batuk yang aku tahu kan berbeda2, ada batuk dari alergi dll. Bahkan ada batuk yang dibarengi sesak nafas seperti anakku yang ada bronchitis. Apalagi kalau sampai berdahak banyak, kalau anakku dia susah untuk mengeluarkannya jadi kalau tidur benar2 terganggu. Kalau awal2 batuk aku biasanya kasih bisolvon tapi kalau nafasnya sudah grok2an dan merasa dahaknya banyak, kalau sudah begitu aku kasih dia terapi pakai nebulizer tapi sebelumnya dikonsultasiin dulu sama dsa-nya mengenai dosis2nya apalagi kalau terapi nebulizernya dilakukan sendiri dirumah bukan dirumah sakit. Semoga cepat sembuh anakmu ya. [Ly]

Anakku (2th) juga alergi, jadi mudah sekali kena batuk, kalau sudah batuk dahaknya banyak sekali, terutama di paru2nya, jadi kalau kita pegang dadanya terasa sekali getaran dahaknya. Dari bayi karena sering disuruh nebul sama dsanya akhirnya aku sampai punya nebulizer sendiri dirumah, tinggal minta resep dan dosisnya saja sama dsanya. Disamping itu aku juga sering (hampir tiap minggu) bawa anakku ke ancol pagi2 buat berenang dilaut, waktu musim hujan yang lalu juga tetap aku bawa kesana. Alhamdulillah, sekarang batuk/pileknya berkurang sekali, dan daya tahan tubuhnya juga meningkat. badannya juga sekarang keliatan berisi. Kalaupun sekarang sempat kena batuk, tidak lagi aku nebul atau aku kasih obat tapi dibiarkan saja, cuma dikasih minum yang banyak, dimasakin sup dan dikasih air jeruk [Dw]

Dicari tahu dulu sebab batuknya sang anak apa kira2? Mungkin alergi saja atau mungkin juga virus. Kalau menurut DSA saya, kalau batuk dengan dahak itu anak banyak2 saja dikasih minum biar dahaknya mencair dan bisa keluar bersamaan dengan air seninya. Terus ke kamar mandi ajak anak untuk diuapkan dengan air hangat. Bisa juga dadanya dan di lehernya dibalurkan penghangat. Sejauh ini tidak perlu yang namanya obat batuk, banyak minum sangat membantu sekali. Kalau kira2 alergi cari penyebabnya mungkin juga lingkungan sekitar atau debu. [Nz]

Anakku (2,5 tahun) juga baru sembuh dari batuk dan pilek. Kemarin aku kasih dia mucopet drops 3 x 10 tetes (buat batuk) sama fenistil drops 3 x 5 tetes (buat pileknya) Kalau tidak salah, untuk anak usia di bawah 2 tahun cukup dikasih 2x sehari dengan jumlah tetes yang sama. [Kn]<

No comments: